Friday, April 1, 2016

Review Film Java Heat

Film yang disutradarai oleh conor allyn dengan genre campuran, drama dan action. Film ini bercerita tentang sebuah pembalasan dendam dari pembunuhan adik jake di baghdad kepada malik. Malik yang mempunyai tujuan untuk mengumpulkan berlian-berlian mahal, sehingga mengkorbankan ratu dari jawa, dengan memanfaatkan sebuah organisasi islam di jawa. sehingga menggerakkan kepolisian densus 88 untuk turut andil dalam kasus ini. Jake mengalami banyak kesulitan dalam usaha balas dendamnya, dia harus berurusan dengan kepolisian, organisasi islam, bahkan orang china. Usaha jake dibantu oleh letnan hashim dalam penangkapan Malik. Meskipun awalnya hashim sangat sulit mempercayai jake. Di akhir kisah jake berhasil membunuh malik dan mendapat perhatian dari putri sultan.
Film ini mengangkat tema budaya jawa, terorisme, agama dan politik. dilihat dari pakaian dan artistic banyak menampilkan budaya jawa. Terorisme dalam film ini adalah bagaimana pengorbanan islam dalam memperjuangkan agamanya dengan bom bunuh diri. Dari segi agama, film ini juga meperlihatkan tidak semua dari agama islam adalah pelaku terorisme dan juga sedikit menampilkan toleransi dalam agama, terlihat dari hashim yang memandikan mayat anton seorang kristian.
Dari segi karakter jake. Menurut saya, film ini memiliki keunikan. dimana jake harus berbohong menjadi agen FBI padahal dia marine, jake dihapkan dengan terorisme islam bahkan berurusan dengan densus 88. Jake juga harus berurusan dengan china, karena china menjadi teman kerja sama Malik. Jadi naratif dalam cerita ini juga cukup bagus karena permasalahan atau konflik dari cerita ini cukup banyak.
Menurut saya, film ini masih mengeksploitasi budaya jawa. Film maker hanya ingin menampilkan keindahan dari jawa. Tidak mengeksistensikan budaya jawa itu sendiri. Terlihat dari budaya jawa hanya sekedar penataan artistik, estabilisher dan pelengkap dari film ini. Sangat jelas juga terlihat pada klimaks film ini di candi borubudur. Bagaiman perjuangan jake dan hashim dalam penangkapan Malik. Candi borubudur hanya menjadi penataan artistic saja meskipun diawal memunculkan sebuah kegiatan adat.

Anti klimaks dari film ini menurut saya, tidak begitu mengesankan. Karena, jake yang sangat ingin membalas kematian adiknya. Tetapi malik hanya mati karena di tembak. Mungkin seharusnya untuk lebih mendapatkan emosi, kematian malik harus lebih dari adegan tembakan saja. Sehingga jake bisa meluapkan emosinya ke malik.

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html